Wujud Rasa Syukur, Warga desa Tulungrejo Gelar “ METRI BUMI ” Adat Warga Yang Masih Lestari

  • Bagikan

KOTA BATU – Sebagai wujud rasa syukur, warga Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu gelar acara Metri Bumi, adat warga yang masih lestari.

Foto : Sederet Acara unik warga Desa Tulungrejo ” Njenang Bareng dan Jalan Sehat ”

Acara adat Metri Bumi digelar warga Desa Tulungrejo bersama Pemerintah Desa, Acara yang Pertama Diawali dengan Njenang Bareng Warga dan Jalan Sehat , acara satu ini unik ,yang tidak pernah diadakan di Desa lain, disini melibatkan kuranglebih sebanyak 1000 warga dari beberapa Dusun saling bergotong royong mengaduk Jenang dari kelapa, secara bergantian sampai jadi, acara ini juga dimeriahkan oleh Hiburan Orkes Melayu, Sambil nanti menunggu acara pembagian Hadiah bagi pemenang lomba Jalan Sehat, serta juga disediakan aneka dagangan kuliner UMKM bertempat di Lapangan Dusun Wonorejo Minggu 06 Agustus 2023.

Foto : Proses warga gotong royong Mengaduk Jenang secara bergantian

Kegiatan adat yang dinamakan Metri Bumi ini merupakan salah satu Wujud Ungkapan Rasa Syukur warga Masyarakat Kepada Allah SWT dan juga untuk memohon perlindungan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Wakil dari LSM Penjara Aries juga menuturkan,diwilayah ini acara adat Metri Bumi yang masih dilestarikan dan digelar setiap (2) dua tahun sekali di Desa Tulungrejo ini turun temurun hingga saat ini.
Acara adat Metri Bumi sebagai bagian dari Kearifan Lokal yang patut kita jaga, kegiatan seperti ini sebagai adat dan juga Budaya Bangsa harus dilestarikan, untuk itu acara syukuran Metri Bumi ini rutin dilaksanakan warga Desa Tulungrejo pada setiap 2 (dua) tahun dan kita hadir untuk mendukung kegiatan ini,” kata Aries

Sementara itu, Kepala Desa Tulungrejo Suliono dalam sambutannya sebelum acara dimulai menyampaikan bahwa kegiatan Metri Bumi ini bukan hanya tradisi Desa Tulungrejo tapi juga semua warga secara umum.
Acara ini merupakan wujud rasa syukur kami warga khususnya warga Desa Tulungrejo atas rizki yang diberikan Tuhan YME berupa hasil panen yang melimpah,”tuturnya.

Acara ini juga sebagai bentuk permohonan perlindungan dari berbagai marabahaya, wabah penyakit atau bencana.

Kami dari Pemerintah Desa Tulungrejo berterimaksih banyak atas kehadiran Bapak PJ Walikota Batu ,Bapak Camat Bumiaji serta beberapa Stake Holder dan Pengsaha yang turut mendukung acara ini mohon maaf tidak saya sebutkan namanya satu persatu,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan Metri Bumi antara lain, Kapolsek Bumiaji, Danramil Bumiaji (atau yang mewakili) Ketua BPD Desa Tulungrejo , para perangkat Desa Tulungrejo serta seluruh masyarakat yang sangat saya banggakan”.tutupnya. (Ries)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *