Mengulik Sejarah Desa Tulungrejo di Malam Tirakatan, Yang Jadi Tradisi Warga Sambut HUT RI Ke 78 Tahun

  • Bagikan

KOTA BATU I JatimHits.com – Salah satu tradisi masyarakat diberbagai wilayah di Indonesia pada malam 17 Agustus yaitu dengan mengadakan syukuran Kemerdekaan RI yang ke 78 tahun, Begitu pula di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu yang menggelar syukuran dan malam tirakatan HUT RI ke 78.

Foto : Tampak Tokoh masyarakat dan warga saat menghadiri malam tirakatan

Selain syukuran di lingkungan Dusun Junggo Pemdes Tulungrejo juga menggelar malam Tirakatan dan Jamasan Sidikara Pusaka (Pencucian Benda-benda Pusaka) sekaligus untuk memperingati Dirgahayu Republik Indonesia ke-78 tahun di Kediaman Kepala Desa Tulungrejo Bpk. Suliono pada tanggal 16 Agustus 2023, Jam 19.30 s/d selesai. Kegiatan tersebut hadiri oleh Bpk. Bambang Sulian Camat Bumiaji beserta Sekcam, Babinsa, Bhabinkamtibmas, BPD, Perangkat Desa, Tokoh Agama, serta seluruh Lembaga Desa dsn Masyarakat yang ada di Desa Tulungrejo.

Foto : Ibu ibu PKK Desa Tulungrejo saat hadiri malam Tirakatan

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mensyukuri Kemerdekaan dan mendoakan para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, tak terkecuali juga untuk para pendahulu kita yang pernah menjabat di Pemdes Tulungrejo” tutur Bpk. Suliono selaku Kepala Desa Tulungrejo.

Beliau juga menambahkan bahwa “Malam tirakatan 17 Agustus ini juga untuk meneladani semangat juang para pahlawan, dan berharap masyarakat terus berjuang untuk mengisi Kemerdekaan ini. Kemerdekaan Negeri Ini adalah hasil perjuangan dan pengorbanan para pahlawan”.

Kegiatan ditutup dengan Do’a lanjut pemotongan tumpeng oleh Kepala Desa Tulungrejo yang didampingi oleh Bp. Bambang Sulian selaku Camat Bumiaji, sekcam dan beberapa Tokoh Agama semua mrndo’akan semoga diselamatkan dari musibah atau bencana, dan dilanjutkan makan bersama oleh para undangan yang hadir.(Ries)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *