KOTA BATU I JatimHits.com – Komisi Pemilihan Umum Kota Batu menggelar acara Media Gathering dengan mengusung tema “Peranan Insan Pers Dalam Mensukseskan Pemilu 2024” yang dibuka oleh Ketua KPU Kota Batu Heru Joko Purwanto beliau memaparkan hal ini sangat penting diadakan, karena Insan Pers bertanggung jawab untuk menyampaikan informasi yang akurat, dan berimbang kepada masyarakat, untuk memastikan transparansi dan partisipasi dalam menciptakan proses demokrasi, melalui liputan yang cermat, supaya Insan Pers dapat membantu masyarakat membuat keputusan yang informasional dan berbasis fakta tutur Heru, acara tersebut bertempat di Restwari Caffe and Eatary Jln. Brantas No.47 Kota Batu Sabtu malam 23/12/2023.

Foto : Saat Sesi Foto Bersama Insan Pers dengan KPU Kota Batu

Ketua PWI Jawa Timur, Luthfi Hakim, dalam Sambutannya menekankan bahwa wartawan-wartawan lokal harus mampu menyajikan liputan yang seimbang terhadap semua kandidat, hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa masyarakat memiliki akses penuh terhadap informasi yang relevan. Dengan demikian, masyarakat dapat membuat keputusan yang tepat dan berdasarkan fakta dalam pemilihan.

Hal lain, Luthfi Hakim juga menyoroti pentingnya menghindari sensationalisme dalam liputan pemilu. Insan pers harus menjaga integritas dan objektivitas dalam menyampaikan berita, dengan mengedepankan prinsip jurnalisme yang baik, insan pers dapat memerangi penyebaran berita palsu (Hoax) yang dapat mempengaruhi pemilihan secara negatif.

Tak hanya itu, Insan Pers juga harus tanggung jawab untuk mengedukasi masyarakat tentang mekanisme dan proses pemilihan dan hak-hak mereka sebagai pemilih. Melalui pemberitaan yang informatif dan edukatif, insan pers dapat membantu meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam demokrasi, dengan pemahaman yang lebih baik tentang proses pemilihan, masyarakat dapat berperan lebih efektif dalam menentukan masa depan negara.

Mengingat pentingnya peran Insan Pers dalam pemilu tidak dapat dipandang sebelah mata, masyarakat bergantung pada informasi yang disampaikan oleh wartawan untuk membentuk sudut pandangan mereka tentang calon dan isu-isu terkait, oleh karena itu, Wartawan harus menjalankan tugas mereka dengan integritas dan profesionalisme yang tinggi, menjaga kepercayaan masyarakat terhadap informasi yang mereka sampaikan.

Di era digital ini, peran Insan Pers semakin penting, Wartawan harus mampu beradaptasi dengan perubahan teknologi dan memanfaatkannya untuk menyampaikan informasi dengan lebih efektif, dengan menggunakan platform media sosial dan teknologi lainnya, Insan Pers dapat mencapai audiens yang lebih luas dan mendorong partisipasi masyarakat dalam pemilu.

Dalam rangka mensukseskan pemilu 2024, kolaborasi antara Insan Pers, penyelenggara pemilu, dan masyarakat sangatlah penting, dengan saling mendukung dan bekerja sama, kita dapat menciptakan pemilu yang adil, transparan, dan berintegritas. Insan Pers memiliki peran krusial dalam menjaga proses demokrasi ini, dan dengan melaksanakan tugas mereka dengan baik, mereka dapat berkontribusi dalam membangun negara yang lebih baik.(Red)

By Redaksi

BY PT. SIAP TELEVISI INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *