KOTA BATU I JatimHits.com – Pagi ini Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin bersama Jajaran menyambut kedatangan PJU Polda Jatim yang akan melaksanakan kunjungan kerja dalam kesiapan Ops Lilin Semeru 2023 Polres Batu, yang bertempat di Lapangan Dadaprejo Kec. Junrejo Kota Batu, Senin (25/12/2023).

Adapun PJU Polda Jatim yang melaksanakan kunjungan kerja adalah KARO SDM, DIRRESKRIMUM, DIRLANTAS, dan KABIDLABFOR Polda Jatim. PJU Polda Jatim yangmana sebelumnya telah melaksanakan patroli udara dengan menggunakan Helikopter dan tiba di Lapangan Dadaprejo Kec. Junrejo Kota Batu disambut oleh Kapolres Batu bersama PJU untuk selanjutnya melaksanakan survei darat pada pelaksanaan Operasi Lilin Semeru 2023.

Kunjungan tersebut dalam rangka pengecekan kesiapan Polres Batu dalam pelaksanaan Ops Lilin, pemantauan jalur lalin di kota wisata, peninjuan tempat wisata JTP 3 serta pelayanan Pos PAM dan Pos Yan di wilayah hukum Polres Batu.

Rombongan PJU Polda Jatim bersama Kapolres Batu dan jajaran meninjau arus lalin dan kunjungan wisatawan di Kota Batu. Pertama-tama rombongan meninjau Tempat wisata Jatiim Park 3 Kota Batu. Dan selanjutnya ke Pos Pelayanan di Alun-alun Kota Batu.

“Hari ini kami dari Satgas Opsda Ops Lilin Semeru Nataru melakukan pengecekan dan pemantauan pelaksanaan Ops Lilin Semeru di seluruh jajaran Polda Jatim. Pengecekan arus lalin kami pantau melalui jalur udara mulai dari perbatasan Jateng sampai Mojokerto, Madiun, Ngawi dan Kota Batu,” ujar Kombes Komarudin.

Hasil pantauan dari udara, arus lalin di akses tol terpantau landai. Data per hari ini (25/12) mulai terjadi penurunan. Mengacu data masuk ke Jatim ada penurunan dari kemarin (24/12) yaitu 3.870 kendaraan masuk wilayah Jatim. Berbanding terbalik dari hari kemarin mencapai 14 ribu kendaraan.

“Artinya kita gambarkan prediksi kami gelombang pertama libur Natal ada penurunan. Kemudian jumlah tingkat kunjungan di Kota Batu sebagai kota destinasi wisata cukup tinggi termasuk Malang Raya masuk rangking 3 nasional untuk kunjungan wisatawan,” bebernya.

Dari 100 ribu kapasitas kunjungan, ada 15 titik atensi Polda Jatim per Minggu (24/12) kemarin tercatat di angka 35.800 sekian. Kemudian tingkat kepadatan sendiri berada di atas pukul 12.00 WIB dengan pengunjung silih berganti ke Malang Raya.

“Dari tingginya kunjungan agar tidak terjadi kemacetan telah diberlakukan rekayasa arus lalin. Walaupun lancar memang tidak dipungkiri adanya sumbatan seperti persimpangan atau kantong parkir. Tapi secara menyeluruh cukup kondusif, hanya dibutuhkan kesabaran dan kesadaran pengguna jalan,” ungkapnya.

Di Jatim sendiri, lanjut dia,secara keseluruhan arus lalin yang padat terdapat di Pasuruan, Probolinggo dan Malang Raya karena banyak pengendara yang akan mengarah ke objek wisata seperti Bromo, Kota Batu dan Taman Safari.

“Kemudian ke arah objek wisata Magetan dan Malang Raya juga terjadi sumbatan akses keluar Tol Singosari melalui Simpang Karanglo. Namun petugas melakukan rekayasa lalin dan buka tutup akses untuk memperlancar arus lalin,” terangnya.

Sedangkan untuk prediksi puncak arus lalin gelombang pertama (libur natal.red) terjadi pada Minggu (24/12) kemarin sebagai puncak kendaraan masuk Jatim. Untuk hari ini menjadi puncak kendaraan keluar Jatim. Sedangkan prediksi puncak gelombang kedua (libur tahun baru) untuk kendaraan masuk diprediksi akan terjadi pada 28 Desember 2023 dan kendaraan keluar pada 1 Januari 2024.

Sementara untuk kendaraan arus lalin selama libur Natal di Kota Wisata Batu terbilang lancar. Meskipun terdapat beberapa titik kemacetan yang terjadi karena penyempitan jalur dan adanya persimpangan jalan karena kendaraan keluar masuk seperti di Ir Soekarno, Simpang Tiga Bendo dan Simpang Tiga Songgoriti.

Disamping kegiatan pengecekan kesiapan Polres Batu dalam pelaksanaan Ops Lilin, PJU Polda Jatim juga memberikan bingkisan kepada Personel Pos Yan Polres Batu untuk memberikan semangan dan motivasi dalam pelaksanaan pengamanan Nataru 2023-2024.(Red)

Sumber : Humas Polres Batu

By Redaksi

BY PT. SIAP TELEVISI INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *