MALANG, Jatimhits.com – Aparat kepolisian dari Resor Malang, Polda Jatim, melakukan pengamanan pelaksanaan Upacara Jalanidhipuja yang dilaksanakan di Pantai Balekambang, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Rabu (6/3/2024). Ritual larung sesaji ini menjadi bagian dari persiapan menyambut perayaan hari raya Nyepi tahun baru saka 1946/2024 bagi umat Hindu Dharma se-Malang Raya.

Pengamanan kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolsek Bantur, AKP Sutadi, yang dikoordinir oleh personel gabungan dari Polsek Bantur, Polsek Donomulyo, Polsek Gedangan, Koramil 0818/12 Bantur, dan unsur pengamanan swakarsa.

Kasubsipenmas Humas Polres Malang, Ipda Dicka Ermantara, dalam keterangannya menyampaikan bahwa pengamanan dilakukan untuk memastikan kelancaran dan ketertiban selama pelaksanaan upacara. Pihaknya telah menyusun strategi pengamanan yang matang, melibatkan personel dari berbagai instansi keamanan untuk menjaga situasi tetap kondusif.

“Pantai Balekambang selalu menjadi lokasi yang dipilih untuk Upacara Jalanidhipuja menjelang Hari Raya Nyepi setiap tahunnya. Kehadiran aparat kepolisian dan unsur TNI serta tim pengamanan swakarsa menjadi bentuk komitmen kita bersama untuk memberikan rasa aman kepada umat Hindu yang melaksanakan ibadahnya,” ungkap Ipda Dicka di Polres Malang, Rabu (6/3).

Dalam pengamanan tersebut, petugas melakukan penjagaan di berbagai titik strategis sepanjang pantai. Pemantauan ketat terhadap setiap pengunjung dan kendaraan yang memasuki area upacara dilakukan untuk mencegah potensi gangguan keamanan.

Selain itu, petugas juga terlibat aktif dalam membantu pengaturan lalu lintas di sekitar Pantai Balekambang untuk memastikan kelancaran akses menuju lokasi upacara.

“Kami berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk menjaga ketertiban dan keamanan. Semua langkah pencegahan diambil guna memastikan kegiatan ibadah berjalan dengan lancar tanpa hambatan,” tambah AKP Sutadi.

Upacara Jalanidhipuja sendiri merupakan bagian dari rangkaian persiapan menuju Hari Raya Nyepi, yang dirayakan oleh umat Hindu Dharma Se-Malang Raya. Ritual ini melibatkan penyelenggaraan pemujaan dan larung sesaji sebagai bentuk penghormatan kepada para leluhur.

Dengan pengamanan ini, diharapkan kegiatan ibadah umat Hindu berlangsung dengan damai dan khidmat. Pihak kepolisian berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan dan perlindungan kepada seluruh warga, tanpa memandang perbedaan agama dan kepercayaan.

( Stefanus)

By Redaksi

BY PT. SIAP TELEVISI INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *