Dukung WWF Bali, BNPB: Gerakan Teknologi Modifikasi Cuaca

  • Bagikan

JAKARTA, Jatimhits.com  – Usaha Demi Sukseskan Penyelenggaraan World Water Forum (WWF) ke-10 tahun 2024 di Bali, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menginisiasi operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di wilayah Provinsi Bali. Senin, (20/5/24).

Diketahui, sejak tanggal 18-20 Mei 2024, operasi modifikasi cuaca ini telah berhasil mendistribusikan total6.000 kg Natrium Klorida (NaCl) ke atas langit Pulau Bali, dengan distribusi sebanyak2.000 kg pada hari pertama dan4.000 kg pada hari kedua.

Kemudian, operasi ini bertujuan untuk mengarahkan awan-awan potensial seperti Cumulus Congestus yang memiliki potensi mencapai daerah target.

Sebuah pesawat Cessna Caravan208B yang membawa nomor registrasi PK-SNM telah melakukan penyemaian zat modifikasi cuaca di area Provinsi Bali bagian Utara, Tengah, dan Timur serta Lombok Utara, sebagai upaya untuk mencegah awan-awan potensial mencapai lokasi yang diinginkan.

Selanjutnya, penyemaian material modifikasi cuaca di perairan Bali dan NTB juga direncanakan akan dilakukan pada hari ini, tanggal 20 Mei.

Bekerja sama dengan BMKG, BRIN, dan instansi lainnya, BNPB berharap operasi TMC ini dapat mengurangi risiko cuaca ekstrem selama acara WWF ke-10 dan membantu dalam mitigasi potensi risiko bencana yang mungkin terjadi selama event berlangsung di Bali.

Sementara itu, pada tanggal 19 Mei, Posko TMC yang terletak di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai menerima kunjungan dari Menteri Agrikultur, Sumber Daya Hidraulik dan Perikanan Tunisia, Abdelmonaam Belaati. Beliau menyatakan apresiasi terhadap langkah pemerintah Indonesia dalam mengatasi potensi cuaca ekstrem, khususnya terkait penyelenggaraan acara berskala internasional ini.

Abdelmonaam Belaati juga menunjukkan minat pada aplikasi operasi TMC, melihat potensi penerapannya di Tunisia berdasarkan kondisi cuaca dan geografis yang ada.

Lebih lanjut, Ini menandakan bahwa operasi TMC tidak hanya bermanfaat bagi Indonesia namun juga untuk negara lain yang menghadapi tantangan cuaca ekstrem.

Di edisi ke-10 ini, World Water Forum_ mengangkat tema Water for Shared Prosperity, Acara ini diharapkan menghasilkan deklarasi tingkat menteri serta kompendium solusi dan inovasi praktis yang mendukung perbaikan pengelolaan air secara global.

Forum ini bertujuan sebagai medium pertukaran pengetahuan global mengenai penilaian sumber daya air, mengidentifikasi tantangan, dan menyajikan solusi praktis. Ini berfungsi sebagai ajang konsolidasi komitmen politik untuk inisiatif pengelolaan sumber daya air yang lebih baik di masa depan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *