SIDOARJO I JatimHits.com – Kabupaten Sidoarjo mendapat predikat kategori Nindya pada Malam Penganugerahan Kabupaten/ Kota Layak Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindugan Anak (Kementerian PPPA) yang diselenggarakan di Hotel Padma, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu malam (22/7).

Penghargaan kabupaten / kota layak anak ini untuk kali keempat diterima oleh Kabupaten Sidoarjo. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E., M.Si atau Bintang Puspayoga, kepada Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi, S.H.

Wakil Bupati Sidoarjo menerima perhargaan tersebut didampingi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan KB (P3AKB), drg. Syaf Satriawarman, Sp.Pros dan jajarannya.

Menteri PPPA, Bintang Puspayoga, menghimbau untuk terus menguatkan komitmen, memperkuat kerjasama, bersinergi dan berkolaborasi bagi semua pemangku kepentingan untuk perlindungan Anak Indonesia.

“Investasi suatu negara yang paling berharga adalah sumber daya manusia. Hal ini penting bagi pemerintah, Lembaga, dunia usaha, masyarakat, tokoh dan Lembaga adat dan media, harus bekerjasama, bergotong royong, bersinergi dan bergerak bersama dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak,” jelasnya.

Dia juga mengatakan masalah pemenuhan hak dan perlindungan anak masih menjadi pekerjaan rumah. Kita harus bergerak bersama melalui kebijakan program dan penganggaran yang ramah anak.

“Saya berharap 2030 semua kabupaten/ kota di Indonesia berpredikat kabupaten/kota layak anak. Kabupaten / kota layak anak ini penting untuk mencapai generasi emas pada tahun 2045,” tegasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi, S.H, setelah menerima penghargaan tersebut, merasa bangga dan bersyukur. Pencapaian prestasi ini merupakan kerja keras seluruh pihak yang berkomitmen kuat untuk mewujudkan Kabupaten Sidoarjo layak anak.

Menurut Kepala DP3AKB, drg Syaf Satriawarman, untuk kategori peghargaan kabupaten layak anak ini mulai dari kategori Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan Kabupaten Layak Anak. Untuk pencapaian KLA predikat Nindya ini sudah sesuai dengan target Kabupaten Sidoarjo di tahun ini.

“Kabupaten Sidoarjo mendapat predikat nindya empat kali berturut-turut, mulai tahun 2019- 2021, dan 2023.

Tahun ini ada 459 Kabupaten/kota yang menjadi peserta evaluasi kabupaten/kota layak anak tahun 2023. Hasil evaluasi 360 Kabupaten/ Kota yang mencapai predikat Kabupaten/ Kota Layak Anak 2023, atau 89,3 persen Kabupaten/ Kota sudah mencapai komitmen mewujudkan Kota Layak Anak.

Ada 19 kabupaten/ kota meraih kategori Utama, 76 kategori Nindya, 130 Kategori Madya, dan 135 kategori Pratama. Penilaian ini melali empat tahap, yakni, penilaian mandiri, verifikasi administrasi, verifikasi lapangan, dan verifikasi final. (Red)

By Redaksi

BY PT. SIAP TELEVISI INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *