SIDOARJO I JatimHits.com – Guna ciptakan pelayanan prima (terbaik) kepada masyarakat Sidoarjo beragam cara telah dilakukan oleh perusahaan daerah air minum (Perumda) Delta Tirta Sidoarjo. Salah satunya adalah “One Day Service” yakni sistem pasang baru 1×24 jam yang akan diimplementasikan pada tahun 2024.

Foto : Nampak Direktur Pelayanan Perumda Delta Tirta Fatihul Faizun. S,sos, MAP (Hem biru lengan panjang) saat turun ke lokasi Proyek Pemasangan instalasi pipa

Pelayanan fasilitas itu diperuntukkan bagi pemohon calon pelanggan pasang baru sambungan langsung (SL) di jalur pipa distribusi.
Hal tersebut disampaikan oleh Fatihul Faizun, S.Sos, M.AP, Direktur Pelayanan Perumda Delta Tirta Sidoarjo. Saat ditemui di ruang kerjanya. Kamis (7/12/2023)

Selama ini Perumda Delta Tirta menerima banyak pengaduhan calon pelanggan karena proses Pasba (pasang baru) yang lebih dari satu hari bahkan satu bulan. Karena prosesnya yang begitu panjang, mulai dari pendaftaran, regristrasi calon pelanggan, pemberian nomor pelanggan, survey lokasi pemohon hingga one time password yang dilakukan di setiap tahapan administasi pada bidang pelayanan dan operasional.

“Karena ini melihat banyaknya pengaduan dari masyarakat terkait dengan pasang baru. Selama ini tidak bisa kami lakukan, kami mencermati secara utuh sehingga pasang baru jadi lama. “One Day Service” ini kami sudah mempunyai formula bagaimana pasang baru langsung bisa dilakukan,” jelas Faizun panggilan akrab.

Salah satu acuan yang menjadikan pasang baru lebih cepat adalah sistem dan service yang mana pasang baru tidak lebih dari 1×24 itu bagian SOP (Standard Operasional Prosedur). Banyak birokrasi yang dipangkas dan
beberapa perangkat lunak yang perlu direvitasilasi dalam pasang baru, antara lain system yang berbasis teknologi informasi.

Hasilnya, evaluasi selama ini bahwa harusnya dengan sistem yang berbasis teknologi informasi alur birokrasi dapat lebih efektif sebagaimana semangat reformasi birokrasi.

“Banyak produk-produk unggulan yang kami nilai kurang efektif. Sehingga menjadi penting Perumda Delta Tirta membuat inovasi pemasangan sambungan langsung tidak lebih dari satu kali dua puluh empat jam sehingga pasang baru lebih cepat dari sebelumnya,” kata Faizun.

Metode “One Day Service” pada pasang baru SL selain untuk meningkatkan kualitas pelayanan juga dijadikan perangkat pendukung guna support program nasional (INPRES) memperluas cakupan layanan dengan sumber dana APBN tahun 2024. Perumda Delta Tirta di tahun 2024 merencanakan target pasang SL sebanyak 35.000 dan kenaikan cakupan layanan menjadi 39,4%.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, bahwa dengan banyaknya tambahan pelanggan yang signifikan menjadi sebuah keharusan Perumda Delta Tirta mempunyai inovasi di bidang pelayanan. Ia juga menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan semua stakeholder khususnya Kuasa Pemilik Modal (KPM), Ahmad Muhdlor Ali, Bupati Sidoarjo, yang memberikan support kepada Perumda Delta Tirta Sidoarjo.

‚ÄúTerima kasih kami ucapkan kepada Bapak Bupati Sidoarjo selaku KPM yang telah memberikan support penuh pada Perumda Deta Tirta sehingga cakupan layanan menjadi berkembang secara signifikan pada dua tahun terakhir.” Pungkasnya.

Selain produk unggulan “One Day Service” Perumda Delta Tirta Sidoarjo juga akan meluncurkan produk unggulan lainya yang saat ini sedang didiskusikan karena butuh investigasi besar.

Faizun berharap seluruh masyarakat Sidoarjo bisa menikmati layanan air bersih yang baik dan berkwalitas untuk kesehatan maupun untuk kebutuhan yang lain. (Red/Tim).

By Redaksi

BY PT. SIAP TELEVISI INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *