Desa Tulungrejo Hari ini Menggelar Acara Atur Pisungsung

  • Bagikan

KOTA BATU I JatimHits.com – Dalam lanjutan acara Metri Bumi , hari ini digelar Atur Pisungsung, dimana masyarakat Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu, punya rasa untuk mewujudkan ucapan terima kasih dengan para leluhur yang babat alas di Desa Tulungrejo ini , dengan kelengkapan hajatan berbagai macam persembahan hasil bumi supaya mendapatkan berkah yang disyukuri sendiri, macam-macam bentuknya, mulai panen, hasil sawah , kebun atau berdagang, hingga lainnya.” minggu (13/08/2033)

Tradisi Atur Pisungsung ini berlangsung turun temurun sejak tahun 1980an, bagi warga yang tinggal di kawasan Desa Tulungrejo, kebiasaan yang diwariskan para leluhur ini awalnya dilaksanakan secara sederhana., namun seiring berjalannya waktu, penyelenggaraannya makin meriah dan semarak. tak sedikit pula wisatawan Domestik hingga mancanegara yang menyaksikannya.

Ketika upacara Atur Pisungsung sedang digelar, semua warga Tulungrejo bersepakat untuk tidak membuka stand, kios, dan warung artinya merela harus libur kerja , begitu pula dengan para petani dan pedagang, mereka kompak meliburkan diri agar bisa fokus mengikuti jalannya upacara ini.

Rangkaian upacara diawali dengan ngguwangi atau memberikan sesajen di tempat-tempat yang dianggap sakral, persembahan tersebut diletakkan dalam wadah kecil terbuat dari pelepah pisang dan bambu (encek). selanjutnya prosesi dilanjutkan dengan kenduri / makan massal yang diikuti oleh warga setempat.

Setelah selesai, prosesi dilanjutkan dengan kembul bujono alias makan bersama. Tak lama berselang, warga bersiap melaksanakan kirab beberapa gunungan dari hasil bumi dan berbagai ubarampe lain, yang nantinya akan dibawa Arak-arakan ini dimulai dari Dusun masing – masing menuju ke Balai Desa Tulungrejo.

Di bawah terik matahari, dengan menggunakan pakaian adat lengkap arak-arakan warga mulai berjalan menyusuri tepian jalan Desa, rombongan dipimpin oleh Kepala Dusunnya sendiri – sendiri.

Masyarakat yang mengikuti upacara ini diwajibkan mengenakan pakaian adat Jawa, mereka juga harus membawa hasil panen mereka yang disajikan dalam wadah, isiannya berupa sayuran , buah buahan dll.Kegiatan unik dari upacara adat atur Pisungsung adalah warga ikut arak – arakan pawai  dari dusunnya menuju balai Desa Tulumgrejo untuk mengirim hasil taninya. Hal ini diyakini akan membawa keberkahan tersendiri., tak heran jika suasana bakal makin semarak menjelang pawai berakhir.(Ries)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *