KOTA BATU I JatimHits.com – Pada hari Jum’at sore tanggal 15 Desember 2023 , Bertempat di Gedung Pertemuan Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu dilaksanakan Sosialisasi Pengembangan Desa wisata, rencana Pembangunan “ Flora Wisata Bon Desa” dalam rangka mewujudkan Pendapatan Asli Desa (PAD) dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat serta menciptakan peluang pekerjaan bagi warga.

Foto : Tampak Peserta Undangan Sosialisasi dari Unsur RT-RW dan Tokoh Masyarakat

Acara ini dibuka oleh Kepala Desa Tulungrejo Suliono, beliau menyampaikan tentang kegiatan sosialisasi ini adalah mendorong terwujudnya pembangunan wahana wisata baru di Desa Tulungrejo ini, dalam rangkah mendukung Pendapatan Asli Desa, meningkatkan ekonomi masyarakat dan membuka lapangan pekerjaan, mengingat pariwisata di Kota Batu mempunyai potensi yang sangat besar.

Didukung dengan hasil produksi pertanian menghasilkan Sayur-sayuran dan Buah-buahan, juga produksi peternakan ada susu perah, semua itu diharapkan bisa mendukung untuk pengembangan kususnya Desa wisata Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu, sehingga diharapkan bisa menjadi Pendapatan Asli Desa.

Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 100 (seratus) orang peserta dari unsur para ketua RT dan RW se-Desa Tulungrejo, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) BumDes, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), Karang Taruna, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan BPD

Dalam sambutannya di kegiatan sosialisasi ini menyampaikan beberapa hal antara lain :

Camat Bumiaji Bambang Hari Suliyan. SSP, menyampaikan :

Tentang tata kelola aset Desa sebagai sumber PAD

Manfaat yang diberikan pada masyarakat

Peningkatan pendapatan asli desa

Mengawal Kerjasama Pembangunan wisata ini agar terwujud dengan baik dan transpsran.

Kasubsi Ideologi, Politik, Pertahanan keamanan, Sosial Budaya dan Kemasyarakatan (Kejari Batu) Andika Esra Awoah. SH , menyampaikan :

Diskusi terkait terbitnya ijin pembangunan wisata Desa

Program Jaga Desa (Jaksa Garda Desa) Pendampingan dalam pengelolaan keuangan Desa

Mengawal Regulasi Administrasi Hukum

Kapolsek Bumiaji AKP. Gaguk Windu Hadi menyampaikan :

Diharapkan selalu berkoordinasi dengan instansi terkait

Semoga pembangunan wisata baru ini berjalan dengan lancar dan harapan saya semuanya bisa mendukung dan bekerjasama dengan baik

Danramil Bumiaji Kapten, Inf . Budi Sutrisno, menyampaikan  :

Agar ada Penjelasan kembali mengenai konsep pembangunan wisata baru , mengenai bentuk wahana wisata yang akan dibangun.

Bentuk kerjasamanya dengan pihak pengusaha wahana wisata dijelaskan secara detail agar tidak terjadi hal hal yang lain, supaya ada keterbukaan

Dishub Kota Batu Bapak Chilman Suaidi , menyampaikan :

Penataan kembali jalan perlintasan menuju tempat wisata dan pemasangan rambu jalan, akan kita support.

Rekomendasi pengaturan lalulintas kolaborasi antara dishub dan kepolisian , penataan parkir kendaraan supaya tertib , agar tidak mengganggu aksesjalan warga

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan semua peserta sosialisasi, dan tidak ada pertanyaan dari masing masing peserta , karena semua telah menyatakan sepakat dan setuju atas Pembangunan “Flora Wisata Bon desa” tersebut.

Tambahan dari Direktur BumDes, Mochamad Dadik , menyampaikan beberapa hal antara lain :

Pengembangan “Flora Wisata Bon Desa” ini diharapkan dapat memberi :

Manfaat ekonomi, seperti pendapatan dan lapangan kerja, Manfaat sosial seperti peningkatan ekonomi masyarakat, Manfaat lingkungan seperti peningkatan infrastruktur, dan manfaat lainnya bagi masyarakat. Pemerintah ke depan akan lebih menggalakkan pengembangan Desa wisata, dan mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama mensukseskan pembangunan “Folra Wisata Bon Desa” ini.

Pemerintah terkait juga akan melengkapi pengembangan Desa wisata di Tulungrejo ini dengan penyusunan standar destinasi, pengelolaan, dan SDM. Hasilnya diharapkan dapat direplikasi di banyak Desa potensial lainnya, demi tercapainya tujuan bersama, yakni meningkatnya Pendapatan Asli Desa, kualitas lingkungan, kesejahteraan masyarakat, dan kelestarian budaya masyarakat di Desa wisata Tulungrejo” Pungkasnya (Red)

By Redaksi

BY PT. SIAP TELEVISI INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *